Untuk mewujudkan suasana yang tenang menjelang bergulirnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) bersama Polres Bojonegoro menggelar acara seruan moral pemilu damai tahun 2019 dengan mengambil tema “Deklarasi Pemilu 2019 Yang Aman, Damai dan Sejuk” di Kantor FKUB Jl. Trunojoyo Bojonegoro, Kamis (11/04/2019).

Dihadiri oleh Anna Muawannah Bupati Bojonegoro, KH Alamul Huda Ketua FKUB, AKBP Ary Fadly Kapolres Bojonegoro, Chairil Ahmad Kasdim 0813 Bojonegoro, Forkopimda dan Ketua dari masing-masing Ormas Islam termasuk LDII.

Seruan dibacakan oleh KH. Alamul Huda selaku ketua FKUB Bojonegoro, ditandatangani oleh perwakilan dari berbagai umat beragam, yakni Drs. Ikhwanudin dari agama Islam, Romo Antonius Yuni dari Katolik, Santoso dari Konghucu/Budha, I Ketut Sulasta dari Hindu, dan Pendeta Stevanus Semianta dari protestan. Selain itu, juga ditandatangani oleh Bupati Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro dan Kodim 0813.

Ada 8 seruan yang disampaikan oleh Alamul Huda. Di antaranya, selalu mengedepankan kebersamaan antar umat beragama, dengan tetap menjalin kerjasama hubungan sosial kemasyarakatan, tidak terpancing dengan isu-isu yang dapat memecah belah hubungan antar umat beragama, dan semua warga mengggunakan hak pilihnya secara baik dan bertanggung jawab.

“Semua pihak agar siap menerima hasil pemilihan umum 2019 secara dewasa, lapang dada dan bijaksana,” kata Alamul Huda.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mengharapkan partisipasi masyarakat Bojonegoro dalam pemilu 2019 meningkat dibandingkan dengan pilkada tahun lalu.

“Saat pilkada lalu angka partisipasi masyarakat 77,6 persen. Terbesar dan teresponsif se Indonesia. Di mana yang lain 70,65 dan ada 60 persen. Harapan kami di pemilu 2019 ini meningkat 80 hingga 85 persen,” papar bupati.

Kapolres Bojonegoro, Ary Fadly menegaskan, untuk masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan baik. Serta menerima siapapun yang nantinya terpilih, sebagai pemimpin bersama. “Keamanan dan ketertiban masyarakat mari kita jaga. Kami juga mewanti-wanti untuk oknum yang tidak bertanggungjawab merusak keamanan dan kedamaian, akan kami tindak tegas,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, H. Saptoto Priyo Rahardjo Ketua LDII Kabupaten Bojonegoro mengaku senang, bahwa LDII juga turut andil didalam menciptakan suasana yang kondusif di Bojonegoro menjelang Pemilu 2019. Terbukti, jika ada acara deklarasi damai Pemilu, LDII juga turut hadir menyemarakkannya.

Karena kita sebagai warga negara yang baik, sampaikanlah aspirasi suara ketika Pemilu besok ini dan dilarang golput” tegas H. Sapto. (KIM DPD LDII Bojonegoro)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *