Oleh: *Agus Sulthon Attanukhi

Tanpa disadari, ada banyak waktu dalam diri seseorang yang terbuang percuma, hanya gara-gara kecanduan memakai gadget. Gadget, di satu sisi bisa bermanfaat karena banyak faedah. Memonitor bisnis, berjualan online, alat komunikasi dan masih banyak faedah yang lain. Disisi yang lain, berpengaruh besar pada kesehatan seseorang. Semakin sering seseorang memakai gadget, juga akan berpengaruh pada kesehatan matanya.

Bahkan, dengan semakin mudahnya mendapatkan/membeli paketan data internet dengan harga yang terjangkau, semakin mudah pula seseorang mengakses internet. Diruang publik pun jadi mudah mengakses internet karena sudah tersedia wifi gratis. Di alun-alun, taman kota, perkantoran, stasiun atau terminal. Bahkan di warung-warung kopi sekalipun, sekarang berlomba-lomba menyediakan akses internet gratis, asalkan mau ngopi diwarung tersebut, kita sudah bisa secara bebas mengakses internet lewat gadget kita.

Pernah, salah seorang teman bertanya kepada saya. “Mas..opo gak bosen ta wong-wong koq bendino nok warung kopi karo maen HP, padahal tukune kopi yo mek sak cingkir tapi nyangkruke ora bar-bar” (Mas..apa mereka tidak bosan setiap hari diwarung kopi sambil main HP, padahal belinya kopi hanya secangkir tapi betah berlama-lama).

Pembeli di warung kopi pun sangat banyak, bahkan penuh sesak. Itu bukan hanya satu warung kopi, tapi semua warung kopi yang menyediakan fasilitas akses internet gratis pasti bisa dikatakan penuh sesak. Bayangkan berapa besar omset penjual kopi yang dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis tersebut..?? anda tentu heran kan..!! Jam bukanya pun sampai dini hari atau bahkan buka 24 jam nonstop. Lagi, ruang publik kita terbelenggu.

Yaa..memang itulah efek domino perkembangan zaman. sudah tidak zamannya seseorang membawa laptop kesana-kemari hanya untuk mengakses internet. Cukup memakai gadget, dunia seakan sudah dalam genggaman. Mau mengetahui informasi hasil pertandingan sepak bola sekalian cuplikan pertandingannya..?? tinggal klik aja di youtube. Mau berita perang ekonomi Tiongkok vs Amerika..?? tinggal klik aja di google. Berita heboh tentang Lalu Mohammad Zohri, sang manusia tercepat juara lari 100 meter dunia dari Indonesia yang fenomenal itu..??? pun tinggal search saja di google. Saking merajalelanya media sosial tersebut, semua informasi didapat dengan mudah, tanpa harus menunggu proses cetak untuk dikonsumsi beritanya. Sungguh miris, fakta yang menyebabkan media cetak terpinggirkan.

Semua itu mudahkan..??? Tapi, justru itulah yang membuat manusia menjadi kurang produktif. Kinerja berkurang dan tiada inovasi, lemah dalam merespons pertanyaan seseorang, tidak menghiraukan keadaan sekitar dan kurang fokus dalam berinteraksi dengan masyarakat. Bahkan sampai menyebabkan kerusakan hubungan keluarga, juga dikarenakan gadget. Lagi-lagi diruang publik ini, kita terbelenggu dengan keadaan. Ahhh sudahlah semoga saja tidak.

1+

Users who have LIKED this post:

  • avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *