PUASA ASYURA’
Puasa merupakan amalan yang sangat disenangi oleh Allah Subhanahu wata’ala. Baik puasa wajib maupun puasa sunnah, selain pahala yang telah dijanjikan oleh Allah, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dalam bulan Muharram tahun ini ada kesempatan puasa sunnah yang telah disyariatkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,  yaitu puasa Hari Assyura’ yang bertepatan dengan tanggal 29 dan 30 September 2017, sebagaimana  Hadis diriwayatkan dari Nabi :

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: حِينَ صَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ» قَالَ: فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ، حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam melakukan puasa ‘Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa ‘Asyura, maka para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah, ia adalah hari yang diagungkan oleh kaum Yahudi dan Nasrani (hari kemenangan Nabi Musa mengalahkan Firaun dan terbebas lah Bani Israil dari penjajahan Firaun).”

Maka Beliau bersabda, “Jika begitu, pada tahun mendatang kita juga akan berpuasa pada hari kesembilan, insya Allah.”

Ternyata tahun berikutnya belum datang, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam telah wafat.” (HR. Muslim no. 1134)

Dari hadist di atas menunjukan bahwa Di sunahkan bagi umat islam untuk berpuasa tanggal 9 dan 10 asyuro

Keutamaan puasa Asyura :

Dari Abu Qatadah Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu. bahwasanya:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ؟ فَقَالَ: «يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ»

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam ditanya tentang puasa hari ‘Asyura, maka beliau bersabda : “Puasa Asyuro dapat menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Semoga bermanfaat

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *