Hari Sabtu (23/11) Utusan KONTINGEN dari kab Bojonegoro yang di wakili Agung Imam, Rusdan Risqul Wasi, Azis, Evangga Duta,  diundang Ka Kwarda DIY, GKR Mangkubumi untuk mengunjungi Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sebagai wujud dukungannya terhadap kegiatan Silaturahim Pembina Nasional (Silbinas) Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) 2019.

Undangan yang berbalut wisata tersebut sebagai tanda berakhirnya rangkaian acara Silbinas yang berlangsung tanggal 20-23 November 2019 di Bumi Perkemahan (Buper) Dewa Ruci, Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, DIY.

Berjalan tiga hari peserta memperoleh materi untuk bekal pembinaan para anggota pramuka di daerahnya masing-masing, pada hari keempat ini, mereka memenuhi undangan GKR Mangkubumi. Selain rekreasi, juga dapat mempromosikan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Yogyakarta.

Setelah sampai di lokasi, peserta dituntun Abdi Dalem melihat beberapa museum didalamnya, dari Museum Kristal, Museum Batik, Museum Perkakas, sampai Museum Sultan Hamengku Buwono IX. Rombongan disambut Ka Kwarda DIY, GKR Mangkubumi di Bangsal Kasatrian. Dihadapan 600an peserta yang hadir, GKR Mangkubumi memaparkan sejarah Kraton Ngayogyakarta, mulai sebelum Indonesia merdeka, sampai keberadaannya saat ini.

Antok Haryanto, ST, peserta Silbinas dari Sakoda Trenggalek, Jawa Timur, sangat terkesan dengan kunjungan ini. “Menjadi tahu sejarah Kraton Ngayogyakarta yang sebenarnya,” tuturnya saat ditemui kru Lines ketika selesainya serangkaian acara wisat. (Kim/Ag)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *