Banyak cara dilakukan oleh organisasi masyarakat agar kesolidan dan rasa persaudaraan antar sesama anggota bisa terjalin dengan kuat.

Salah satunya yang coba dilaksanakan oleh beberapa pengurus Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Bojonegoro, yaitu dengan turun ke bawah (Turba) ke Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang ada dipelosok kabupaten. “Ini kita laksanakan agar seluruh sistem dalam organisasi kita bisa berjalan..” kata H Agus Aripin salah satu wakil ketua DPD LDII Bojonegoro.

Lebih lanjut, terang H Agus, seperti yang sudah dilaksanakan oleh pengurus DPD yaitu pada hari Jum’at (15/09/2017) turba ke PAC Napis Kecamatan Tambakrejo tepatnya di dusun Temugiring yang berada di pelosok Kabupaten Bojonegoro ujung selatan. Letak dusun Temugiring ini kurang lebih 65 Kilometer dari pusat Kota Bojonegoro. Wilayahnya pun dikelilingi pegunungan dan jalan bebatuan makadam yang terjal.

“Beberapa pengurus kita ajak turba seperti dari unsur wakil ketua, kesekertariatan serta beberapa bidang di DPD sehingga bisa menguatkan sistem organisasi..” ujar H Agus Aripin.

Menguatkan sistem organisasi, jelas H agus, yaitu semua elemen dalam kepengurusan organisasi bisa menjalankan tugas, pokok dan fungsinya masing – masing. “PAC Napis ini sengaja kita pilih untuk melaksanakan turba dari organisasi karena beberapa waktu yang lalu terkena musibah banjir bandang..” tambah H Agus.

Dari data yang dihimpun ldiibojonegoro.com, bahwa warga LDII yang menghuni dusun Temugiring ini terdapat 9 Kepala Keluarga dari 40 jiwa warga. Semua warganya pun mayoritas petani.  “Alhamdulillah keberadaan warga LDII disini bisa diterima dengan baik dan bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar sehingga terjalin suasana yang guyub..” jelas Ahmad Nadi selaku Ketua PAC LDII Napis ini.

Termasuk dalam hal menghadapi musibah beberapa waktu yang lalu, semua warga didusun Temugiring ini saling tolong menolong memperbaiki rumah warga yang rusak dan jalan desa yang kotor akibat meluapnya sungai pasca banjir bandang yang melanda dusun setempat. “Jadi warga LDII dengan masyarakat sekitar mengesampingkan ego bersama sama membersihkan kampung..” terang Pak Nadi sapaan akrabnya.

Diakhir pertemuan, Ahmad Nadi menyampaikan rasa terima kasih yang yang sebesar – besarnya kepada seluruh jajaran pengurus DPD LDII Kabupaten Bojonegoro atas turba yang telah dilaksanakan di PAC Napis khususnya didusun Temugiring. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus DPD teriring doa Jazakumullohu Khoiro atas waktunya yang sudi turba ke PAC kami, semoga dengan ini (red:turba) kesolidan organisasi bisa terus terjaga..” ujarnya seraya menutup dengan doa. (asa)

 

 

2+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *