Saat peringatan hari Pahlawan, 10 November 1961 di Jakarta. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia, berkata dalam pidatonya, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa Pahlawannya”, merupakan secuil kata sebagai pelecut penerus generasi bangsa. Sudah saatnya kita mengingat, menghargai dan belajar dari tokoh bangsa dimasa lalu, untuk membangun generasi muda indonesia yang lebih baik. 

Pahlawan kemerdekaan tidak mengharapkan imbalan, jasa atau pun materi dalam memperjuangkan harkat dan martabat bangsa. Nyawa menjadi taruhan agar tetap tegak dan berdirinya pangkuan ibu pertiwi dan terbebas dari penjajahan.

Pelaksanaan upacara Hari Pahlawan yang ke-73 tahun 2018 ini, serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia sebagai bentuk pengabdian dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia termasuk pelaksanaan upacara di Kabupaten Bojonegoro.

“Negeri ini membutuhkan pemuda yang mampu berkontribusi dalam segala hal demi pembangunan negara”, kata Bupati Bojonegoro Anna Muawannah ketika membacakan sambutan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam rangka upacara Hari Pahlawan Kabupaten Bojonegoro di alun-alun, Sabtu (10/11/2018).

Dalam kesempatan itu, Bupati juga memberikan piagam penghargaan kepada warga Bojonegoro yang telah berjasa memberikan dengan ikhlas sebidang tanah dan bangunannya untuk fasilitas umum.

“Karena apa yang telah mereka berikan merupakan sumbangsih berupa harta bagi kemajuan Kabupaten Bojonegoro,” terang Bupati setelah pemberian piagam penghargaan tersebut.

Dalam upacara yang mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku” tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, seluruh jajaran Forpimda Kabupaten Bojonegoro, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) cabang Bojonegoro, Tokoh Masyarakat dan pelajar serta jajaran pengurus LDII yang menjadi satu-satunya ormas Islam yang mendapat undangan dari Kesekretariatan Daerah Kabupaten Bojonegoro.

3+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *