Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia, Chriswanto Santoso, mengajak warga LDII untuk mencintai bangsa Indonesia secara apa adanya dan menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi segala macam cobaan dengan cara memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

“Semangat kebangsaan adalah sesuatu yang sangat penting, terlebih di dalam masa pandemi covid-19 ini,” ujar Chriswanto.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Webinar Kebangsaan dengan tema “Peran Ormas Islam dalam Membumikan Pancasila” yang diadakan pada Minggu (15/8).

“Urusan wawasan kebangsaan, walaupun sudah dilakukan secara berkali-kali. Tapi tetap harus di laksanakan, karena permasalahan negara selalu ada,” tambah Chriswanto.

Acara tersebut diisi oleh beberapa pemateri, salah satunya Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan yakni Drs. Drajat Wisnu Setyawan, MM Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan bahwa peran ormas di Indonesia sangat berkembang perkembangan demokrasi di Indonesia.

“Ormas merupakan gambaran wajah peran rakyat yang termuat di suatu organisasi, karena ormas lahir dan berkembang dalam suatu lingkungan yang saling mempengaruhi,” ujar Wisnu.

Bagi negara yang menganut sistem demokrasi seperti di Indonesia, peran dan fungsi ormas sangatlah penting. Karena ormas memiliki peran sebagai jembatan antara kepentingan masyarakat terhadap sejumlah isu strategis yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah.

“Ormas itu sebagai wadah berserikat dan berkumpul, selain itu juga ormas merupakan potensi masyarakat secara kolektif yang harus dikelola. Sehingga tetap menjadi energi positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelas Wisnu.

Dalam membumikan nilai-nilai pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat. Maka pemerintah juga harus melibatkan ormas yakni dengan cara internalisasi dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam setiap program kegiatan, memerangi paham dan ideologi radikal yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, membangun sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, memupuk dan memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah udara, membangun dan mengembangkan sistem organisasi yang bersih, dan juga mempersiapkan diri untuk menyikapi tindakan global secara arif dan bijaksana.

“Pelibatan ormas dalan Strategi Penguatan Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan langkah yang tepat, karena ormas adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Wisnu.

Kita semua sebagai warga negara Indonesia berkewajiban untuk terus melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam kelima asas Pancasila. Kami segenap warga LDII sangat antusias mengikuti webinar membumikan Pancasila ini. Semoga kedepan nilai-nilai Pancasila benar-benar terinternalisasi dalam setiap nafas kehidupan, menjadi landasan masyarakat dalam bersosialisasi dan bekerjasama di dalam kebinekaan,” Edi Ketua DPD

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *