Senin (24/09/2018) adalah hari bersejarah bagi Kabupaten Bojonegoro. Karena pada hari itu, Kabupaten Bojonegoro memiliki Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya. Bersama dengan 12 Kepala Daerah lainnya di Jawa Timur. Disebut hari bersejarah karena inilah Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bojonegoro. Yaitu Hj. Anna Muawanah sebagai Bupati dan Budi Irawanto sebagai Wakil Bupati Bojonegoro periode 2018-2023.

Dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro tersebut, berarti berakhir pula kepemimpinan Pj Bupati sebelumnya yaitu Suprianto. Suprianto diberi amanat oleh Gubernur Soekarwo untuk mengisi kekosongan sebagai Pejabat Bupati Bojonegoro mulai Maret  2018 dan berakhir setelah pelantikan Bupati oleh Gubernur. Suprianto sendiri merangkap sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Timur. Serah terima jabatan sendiri akan dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo besok Sabtu (29/09/2018) dari Pj Bupati Suprianto ke Bupati Bojonegoro Hj. Anna Muawanah.

Pekerjaan rumah langsung diberikan oleh Soekarwo setelah pelantikan. Menurut Gubernur, Bojonegoro memang berhasil keluar dari sepuluh besar urutan tertinggi daerah termiskin di Jawa Timur. Tapi, angka kemiskinan di Kabupaten ini masih mencapai 14,3%, sehingga Gubernur menitip pesan agar prestasi yang sudah diraih oleh Kabupaten Bojonegoro bisa ditingkatkan sehingga angka kemiskinan bisa ditekan lagi.

Setelah pelantikan selesai, Bupati dan Wakil Bupati langsung meluncur ke Bojonegoro dengan pengawalan ketat kepolisian. Di pendopo Kabupaten telah berdiri berjajar seluruh kepala SKPD, Bagian Pemerintahan, Kepala BUMD dan Pimpinan DPRD untuk menyambutnya. Ketika Bupati dan Wakil Bupati datang, seluruh pejabat langsung berjabat tangan memberikan ucapan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati tersebut.

Dihalaman kantor Pemkab juga dipenuhi karangan bunga sebagai tanda ucapan selamat dan sukses dari berbagai kalangan. Menunjukkan bahwa setumpuk harapan demi pembangunan Bojonegoro yang lebih baik selama lima tahun mendatang bakal dipikul pada Bupati dan Wakil Bupati tersebut.

Dimalam harinya, pesta rakyat digelar dipendopo Kabupaten dan disepanjang Jalan Mastumapel. Ratusan pedagang kaki lima diundang untuk melayani masyarakat yang sudah membawa kupon untuk ditukar dengan berbagai menu makanan dan minuman. Malam itu, rakyat Bojonegoro menikmati malam yang penuh dengan kegembiraan sebagai wujud syukur karena mempunyai Bupati dan Wakil Bupati baru.

Hari perayaan pelantikan telah usai. Keesokan harinya, menjadi hari bersejarah pasangan Hj. Anna Muawanah dan Budi Irawanto masuk kerja sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro digedung Pemkab. Setumpuk pekerjaan telah menunggu dimeja kantor. Program-program pembangunan selama masa kampanye juga mesti harus dijalankan.

Dengan visi “Menjadikan Bojonegoro Sebagai Sumber Ekonomi Kerakyatan Untuk Terwujudnya Masyarakat Yang Beriman, Sejahtera dan Berdaya Saing” dan misi “Mewujudkan visi Kabupaten Bojonegoro yang dituangkan dalam tujuh pitutur Bojonegoro”, ini diharapkan dapat melanjutkan pembangunan yang bersifat terukur. Apalagi dibulan Juli kemarin P-APBD Kabupaten Bojonegoro sudah ditetapkan. Sehingga mengharuskan program-program yang sudah dirancang oleh sang Bupati selama masa kampanye bisa sinkron dengan program-program yang sudah ditetapkan oleh Pj Bupati sebelumnya dan anggota dewan dalam penetapan P-APBD 2018.

Tujuh pitutur Bojonegoro dalam misi Bupati dan Wakil Bupati itu adalah:

1. Menjamin peningkatan Alokasi Belanja Daerah untuk pendidikan, kesehatan dan perlindungan sosial bagi masyarakat.

2. Mendukung penguatan Madrasah Diniyah melalui inisiasi Perda Madin.

3. Menurunkan tingkat pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja dan membentuk wirausaha mandiri.

4. Meningkatkan jumlah dan kualitas infrastruktur dasar didesa dan dikota.

5. Mewujudkan penyediaan air bersih dan listrik bagi masyarakat secara merata dan berkeadilan.

6. Meningkatkan nilai tambah dari komoditas pertanian dan agrobisnis untuk perbaikan kesejahteraan petani.

7. Merevisi Perbup 35.

Harapan besar masyarakat Bojonegoro dibebankan kepada Hj. Anna Muawanah dan Budi Irawanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati dalam memimpin Bojonegoro lima tahun mendatang. Sehingga bisa mewujudkan mimpi masyarakat Bojonegoro sebagai Kabupaten yang berkemajuan, meraih banyak prestasi, banyaknya peluang usaha dan terciptanya lapangan kerja sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan, laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan bisa berdaya saing.

Diakhir tulisan ini, atas nama Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Bojonegoro mengucapkan “SELAMAT & SUKSES ATAS PELANTIKAN DR. Hj. ANNA MUAWANAH DAN Drs. H. BUDI IRAWANTO, M. Pd SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI BOJONEGORO PERIODE 2018-2023″. Selamat bekerjaSemoga menjadi pemimpin yang bisa “NGAYOMI LAN NGOPENI WONG JONEGORO”. (Tim KIM DPD LDII Kab Bojonegoro)

 

5+

Users who have LIKED this post:

  • avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *