Wajah Musriadi begitu semringah tatkala 3 truk tangki pembawa air bersih datang didusun Jatisari, Desa Pejok, Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Dia bersama-sama warga yang lain langsung menyerbu truk tangki tersebut dengan membawa jerigen masing-masing.

Begitulah kondisi sebenarnya salah satu dusun dari beberapa dusun yang ada didesa Pejok, ketika musim kemarau tiba. Banyak sumur warga mulai mengering dan tidak keluar sedikitpun sumber air bersih.

“Sumur warga mulai mengering tepatnya akhir bulan Agustus kemarin,” jelas Purwanto, Sekertaris Desa setempat.

Musim kemarau tahun ini menjadi musim yang sangat panas, dimana banyak sekali beberapa daerah di Indonesia mengalami kekeringan, tak terkecuali Bojonegoro. Selain kecamatan Kepohbaru, ada beberapa kecamatan yang dilanda kekeringan, diantaranya Kecamatan Kedungadem, Sumberejo, Ngraho dan Sukosewu.

Hal itulah yang mendasari Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Bojonegoro bekerja sama dengan Polsek Kepohbaru melaksanakan dropping air bersih untuk membantu warga yang mengalami kekeringan.

“Didusun inilah yang paling parah mengalami kekeringan,” kata Yasimbang, Kapolsek Kepohbaru yang didampingi M Nashikin, Sekertaris DPD LDII.

Menurut Kapolsek, setiap tahun jika musim kemarau tiba, yang menjadi langganan kekeringan adalah dusun Jatisari dan Jetis. “Musim kemarau tahun ini, yang pertama kali meminta dropping air bersih ya dua dusun ini mas,” jelas Kapolsek kepada ldiibojonegoro.com.

Dengan menggandeng Koperasi Syariah Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Amanah 99 Bojonegoro selaku salah satu donatur, hari ini Kamis (21/09/2017), DPD LDII Bojonegoro dan Polsek Kepohbaru melaksanakan dropping sebanyak 3 truk tangki dengan kapasitas masing-masing tangki 5000 liter air bersih ke dusun Jatisari desa Pejok tersebut.

“Ini sebagai salah satu bentuk kerjasama kami┬ádengan jajaran Polsek Kepohbaru,” jelas Nashikin, selaku sekertaris DPD.

Sebagai organisasi masyarakat yang berbasis keagamaan, LDII juga peka dan peduli dengan warga yang mengalami kekeringan. Karena seberapapun air yang didropping akan sangat membantu masyarakat.

“Termasuk juga membantu warga kita yang mengalami kekeringan,” tambahnya.

Lebih lanjut, terang Nashikin, LDII Bojonegoro tidak hanya terpaku menyalurkan bantuan berupa air bersih didesa Pejok kecamatan Kepohbaru saja, akan tetapi juga menyalurkan bantuan air bersih ke wilayah lain yang mengalami kekeringan.

“Karena ini sebagai wujud rasa kepedulian kami kepada masyarakat,” kata Mas Dicky sapaan akrabnya.

Di akhir penyaluran dropping air bersih ke warga Pejok, jajaran Polsek Kepohbaru beserta pengurus DPD LDII menyampaikan, bahwa apa yang sudah dilaksanakan ini harapannya, bisa memberikan manfaat kepada warga. Sehingga terjalin rasa persaudaraan yang erat antara warga LDII dengan masyarakat sekitar.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang kekurangan air bersih akibat kemarau panjang dan mempererat tali silaturrokhim antar warga,” harap Kapolsek yang diamini oleh M Nashikin. (asa)

 

6+

Users who have LIKED this post:

  • avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *