Ayo Mengkaji Quran dan Hadist Bersama LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia)

Apakah anda ingin menguasai Ilur’an dan Hadist?

Datang saja ke pengajian LDII terdekat atau langsung ke Pesantren-pesantren LDII di seluruh Indonesia”
Mengaji Qur’an dan Hadist merupakan program pertama dan paling utama dalam LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia). Mengaji Quran dan Hadist dilaksanakan secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu di setiap kelompok pengajian LDII. Biasanya setiap desa / kelurahan terdapat satu kelompok pengajian di bawah koordinasi Pengurus Anak Cabang (PAC) LDII.

Manfaat mengaji Quran dan Hadist antara lain:

Menjamin sahnya pengamalan ibadah yang dikerjakan, sebab suatu amalan ibadah yang tidak didasari pengetahuan ilmu/ dalilnya tidak diterima Allah.
Menjaga kemurnian agama Islam, menghindari ro’yu, angan-angan, pendapat atau liberalisasi dalam pemahaman dan pengamalan ajaran Islam.
Menguasai ilmu Quran Hadist merupakan syarat mutlak hidupnya agama Islam dan tegaknya keimanan seorang Muslim.
Dengan mengetahui dasar dalil dalam Quran & Hadist para jamaah akan memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai orang Islam, sehingga jamaah mudah dinasehati, diarahkan dan diajak untuk beribadah dan beramal sholeh.
Dengan menguasai ilmu Quran & Hadist masing-masing jamaah dalam beribadah tidak semata terpaku pada figur ulama’, kyai atau pimpinannya.
Mengaji Quran Hadist memang merupakan kewajiban pokok dalam Islam.
Materi pengajian adalah Al-Quran dan Al-Hadist. Untuk jamaah pada umumnya, agar mudah diamalkan, LDII mencetak Himpunan Hadist berdasarkan kitab atau kategori amalan tertentu, seperti: Kitabu Sholah, Kitabu Daawat, Kitabu Adab, Kitabu Manasik Haji dan lain-lain. Di LDII ada 15 Hadist Himpunan. Untuk level mubaligh dan ulama dalam LDII juga dikajikan Hadist Besar yang juga dikenal dengan Hadist Kutubu Sittah, terdiri dari:

1. Hadist Shohih Bukhari
2. Hadist Shohih Muslim

3. Hadist Sunan Abi Dawud

4. Hadist Sunan Nasa’i
5. Hadist Sunan Termidhi

6. Hadist Sunan Ibni Majah

Untuk wilayah Jawa Timur, Kitab Quran dan Kitab Hadist Kutubu Sittah dapat diperoleh / dibeli di daerah kampung Arab sekitar Masjid Ampel Surabaya atau alamat tepatnya Toko Beirut Jl. Panggung No. 122, Pabean Cantikan, Surabaya, 60162, Indonesia ‎Telp. +62 31 3554555 ‎

Metode pengajian di LDII sangat sederhana yaitu guru membaca, menterjemahkan dan menerangkan ayat-ayat Quran atau hadist-hadist yang dikaji sedangkan murid / jamaah mendengarkan, menulis makna kata demi kata di bawah text Quran atau Hadist yang sedang dikaji. Keterangan ayat Quran atau hadist juga ditulis langsung di lembar halaman yang bersangkutan. Jamaah LDII memisahkan antara Quran untuk bacaan dan Quran untuk mengkaji keterangan.

Guru-guru pengajian LDII di tingkat kelompok atau PAC adalah mubaligh atau mubalighot utusan LDII pusat yang dikirim melalui Pondok Wali Barokah Kediri Jawa Timur. LDII setiap bulan meluluskan dan menyebarkan sedikitnya 500 (lima ratus) orang mubaligh dan mubalighot ke seluruh tanah air.

Wajibnya Mengkaji Quran dan Hadist

Kewajiban mengaji Quran dan Hadist didasarkan pada dalil-dalil berikut:

وَأَنَّ هَـذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلاَ تَتَّبِعُواْ السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Dan sesungguhnya ini (Al Quran) adalah jalanKu yang benar maka ikutilah, dan janganlah mengikuti sembarang jalan, maka akan tersesat kamu sekalian dari jalan Allah”.

[Surah Al An’am ayat 153]

 «تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ الله وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ :

“Aku (Nabi) telah meninggalkan kepada kamu sekalian dua perkara. Kalian tidak akan tersesat (pasti benarnya) selagi berpegang teguh pada keduanya, yaitu Kitabillah (Al Quran) dan Sunah Nabi (Al Hadist)”.

[Hadist Imam Malik fii Mautho’ No. 3338/678]

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ … الأية* سورة المجادلة ١١

“Alloh mengangkat derajatnya orang-orang yang beriman dan orang-orang yang mempunyai ilmu.”

[Surah Al-Mujadalah Ayat 11]

…إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

…sesungguhnya yang takut kepada Alloh adalah dari hambaNya yang berilmu sesungguhnya Alloh Maha Mulya Maha Pengampun.

[Surah Fatir (35) ayat 28]

قَالَ اللهُ تَعَالَى : وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً . سورة الإسراء أية ٣٦
“Dan janganlah kamu mengerjakan sesuatu Amalan yang mana kamu belum tahu ilmunya, ketahuilah sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan penghayatan, kesemuanya itu pasti akan di pertanyakan kegunaannya.”

[Surah Al-Isro’ Ayat 36]

 حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عَلْقَمَةُ بْنُ مَرْثَدٍ، سَمِعْتُ سَعْدَ بْنَ عُبَيْدَةَ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ، عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ»رواه صحيح البخاري
“Dari Nabi bersabda : “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mana mau belajar dan mengajarkan Al-Quran.”

[Hadist Shohih Bukhori No. 5027 Kitabu Fadhoil Qur’an]

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْروِ بْنِ السَّرْحِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ التَّنُوخِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” الْعِلْمُ ثَلَاثَةٌ، وَمَا سِوَى ذَلِكَ فَهُوَ فَضْل: آيَةٌ مُحْكَمَةٌ، أَوْ سُنَّةٌ قَائِمَةٌ، أَوْ فَرِيضَةٌ عَادِلَةٌ “

__________
[حكم الألباني] : ضعيف

…sesungguhnya Rasulullah salallohu alaihi wasallam bersabda:”Ilmu itu ada tiga, selain tiga itu adalah tambahan (tidak wajib dicari) ayat yang untuk menghukumi (Al-Quran) atau sunah yang tegak (Sunnah Nabi) dan ilmu faroid yang adil”.

[Hadist Abi Dawud No. 2885 Kitabu Faroid]
Sumber:
Ayo Mengkaji Quran dan Hadist Bersama LDII – Lembaga Dakwah Islam Indonesia

5+

Users who have LIKED this post:

  • avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *